Beberapa waktu lalu, artikel Gain Peace, Berdakwah Lewat Bis Kota mengangkat laporan tentang kegiatan kampanye tentang Islam dengan cara memasang iklan di badan bus, yang dilakukan organisasi GainPeace di Chicago. Kegiatan yang dilakukan organisasi ini ternyata membuahkan hasil, bukan hanya mampu meluruskan pandangan masyarakat Barat yang miring tentang Islam tapi setelah melihat iklan di badan bus tersebut, ada 17 warga Chicago yang menyatakan diri masuk Islam.
Salah  satunya adalah Leslie C. Toole, seorang guru di  Chicago yang sudah  sepuluh tahun berkeingan masuk Islam. Tekadnya  menjadi seorang Muslim  akhirnya terlaksana setelah ia melihat iklan  GainPeace di badan bus
“Saya tidak pernah sungguh-sungguh. Tapi   ketika saya melihat iklan itu, saya sadar bahwa itulah akhir dari   pertanda dimana saya harus melengkapi niat saya,” kata Toole.Toole  mengaku pertama  kali mengenal Islam secara tak sengaja. Sepuluh tahun  lalu, seorang  laki-laki memberinya selebaran dan mengatakan ia akan  mendapatkan  pencerahan dari selebaran itu. “Saya pun membacanya,  berulang kali dan  memastikan saya memahami apa yang sedang saya baca,”  Toole mengisahkan.
“Bagaimana menjadi seorang Muslim, itulah  yang  menjadi pertanyaan utama saya,” sambung Toole sampai akhirnya, ia   melihat iklan tentang Islam di bus-bus Chicago Transit Authority (CTA)   bertuliskan “Got Questions? Get Answers” dan langsung menghubungi nomor   telepon yang ada di bus tersebut.Setelah mendapatkan penjelasan  dan  berdiskusi dengan pihak GainPeace, Toole mengucap syahadar pada  Senin,  29 September 2008. Kisah Toole masuk Islam hampir serupa kisah 16   Muslim Chicago lainnya yang memilih masuk Islam setelah melihat iklan   GainPeace di bus-bus CTA.
Menurut  Toole, iklan layanan masyarakat  GainPeace yang dipasang di bus-bus  merupakan ide brilian untuk menarik  perhatian masyarakat. Setelah masuk  Islam, Toole yang memilih nama Ilyas  sebagai nama Islamnya juga  mendapatkan bimbingan seorang mentor dari  GainPeace.“Saya sangat  berterimakasih dengan mentor saya yang  sudah sangat membantu. Beliau  memberikan saya banyak buku agar saya bisa  banyak belajar tentang  Islam,” kata Toole.
GainPeace juga   memberikan layanan belajar Islam online setiap seminggu sekali untuk   para mualaf, dimana mereka bisa belajar apa saja mulai dari cara salat,   cara hidup seorang Muslim bahkan bahasa Arab.Toole atau Ilyas   mengatakan, semakin banyak ia tahu tentang Islam, ia semakin percaya   diri bahwa ia sudah membuat keputusan yang benar. “Agama ini betul-betul   sempurna bagi saya. Sulit untuk menjelaskannya ketika Anda mengetahui   sebuah kebenaran. Anda akan merasakan perasaan yang begitu mendalam di   hati sanubari Anda bahwa Anda telah menemukan rumah yang benar,” papar   Toole.
Seperti diberitakan  sebelumnya, GainPeace menggelar  kampanye dengan memasang iklan layanan  tanya jawab tentang Islam di  bus-bus CTA pada tanggal 19 September  sampai 20 Oktober kemarin. Dan  iklan itu diperpanjang sampai 23  November mendatang karena mendapatkan  respon positif dari masyarakat  Chicago.Organisasi  itu  mengeluarkan dana sebesar 30.900 dollar AS sebagai biaya  pemasangan  iklan 25 bus CTA yang melayani rute di seluruh Chicago.  Setelah iklan  itu tampil, GainPeace menerima ribuan telepon dan  situsnya dikunjungi  lebih dari 300.000 orang. GainPeace juga memberikan  al-Quran dengan  terjemahan berbahasa Inggris, majalah The Message on  Prophet Muhammad  serta brosur dan buku-buku Islam bagi mereka yang  ingin tahu lebih jauh  tentang Islam.
Direktur GainPeace, Sabeel Muhammad mengatakan  pesan dari iklan  itu adalah untuk menimbulkan minat masyarakat terhadap  berbagai  informasi tentang Islam, sehingga bisa meluruskan  penafsiran-penafsiran  yang salah tentang Islam.Selain GainPeace,  kampanye serupa juga dilakukan  ICNA, organisasi Muslim yang berbasis di  New York dan memiliki 22  cabang di seluruh AS. Namun ICNA baru  melakukan kampanye itu di Seattle  dan New York. Di New York, ICNA  menempelkan lebih dari 1.000 iklan  layanan tanya jawab tentang Islam di  stasiun-stasiun kereta bawah  tanah.
Karena kampanye dengan cara   itu sukses, kota-kota lainnya di AS dan Canada sudah meminta bantuan   agar ICNA juga melakukan kampanye yang sama di kota-kota tersebut.http://amazing.okabasi.com/17-warga-amerika-masuk-islam-setelah-melihat-iklan-ini/.



0 komentar:
Post a Comment