Inilah 5 Taman Batu Paling Unik di Dunia

ALT/TEXT GAMBAR





Inilah 5 Taman Batu Paling Unik di Dunia. Ya, Taman Batu!. Mendengar namanya mungkin Anda sedikit 'kaget'. Taman Batu yang dimaksud yaitu sebuah kawasan dengan kumpulan batu yang terjadi karena peristiwa alam hingga memiliki formasi dan bentuk yang lucu yang menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Banyak kumpulan batu yang muncul di bumi secara misterius, seperti taman batu di Irlandia Utara, The Giant's Causeway. Keunikan bentuk taman batu ini pun sudah terdaftar dan dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Lebih dari 40.000 kolom batu ini terlihat berkelompok dan hanya bagian atasnya saja yang terlihat. Namun, tahukah Anda jika di belahan dunia lain ternyata juga punya taman batu dengan susunan yang unik dan lucu. Penasaran?

Inilah 5 Taman Batu Paling Unik di Dunia yang terjadi karena peristiwa alam dan tentunya bisa menjadi referensi tujuan wisata Anda dan keluarga.

1. Yeliu Geopark, Taiwan


Kawasan seluas 1.700 meter persegi ini berada di Kota Wanli, Taiwan. Pada umumnya, laut memiliki pantai dengan hamparan pasir yang luas. Namun di Yeliu Geopark, seluruh permukaan pantainya dipenuhi oleh bebatuan dengan beragam bentuk.

Batu-batu unik di Yeliu Geopark terbentuk karena angin dan erosi laut selama ratusan bahkan ribuan tahun. Salah satu yang paling terkenal adalah batu dengan bentuk kepala ratu yang menggunakan mahkota. Batu tersebut terbentuk hingga bagian leher. Selain itu, juga ada yang berbentuk jahe, gajah, sarang madu, tofu, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.

2. Table Mountain, Afrika Selatan


Berbeda dengan puncak gunung yang berbentuk kerucut, sesuai dengan namanya Table Mountain justru berbetuk datar seperti meja. Gunung batu yang juga menjadi ikon Afrika Selatan ini terletak di Kota Cape Town.

Keberadaan Table Mountain yang diperkirakan sudah ada sejak 6 juta tahun silam ini pun dianggap sebagai pintu gerbang Afrika Selatan. Oleh sebab itu, banyak traveler yang memasukan Table Mountain ke dalam agenda kunjungan saat berada di Afrika.

3. Wave Rock, Australia


Berlokasi di Cagar Alam Hyden Wildlife Park, Australia Barat, terdapat taman batu yang sangat lucu. Wave Rock yang berarti ombak batu ini memiliki bentuk yang mengundang decak kagum dari setiap orang yang melihat.

Wave Rock ini benar-benar seperti ombak yang siap menyerbu seluruh daratan di sekitarnya. Tinggi 'ombak batu' ini sekitar 14 meter dengan panjang 110 meter. Bila datang pada bulan September, Anda bisa sekaligus menyaksikan acara musik bertajuk Wave Rock Music Festival.

4. Pasabag, Turki


Formasi batuan vulkanis ini berbentuk menyerupai pilar-pilar bangunan dengan puncak berbentuk seperti jamur. Taman batu ini berada di Lembah Pasabag, Turki.

Batu-batu ini ada yang satuan tapi juga ada yang berkelompok atau menumpuk. Bahkan dalam batu-batu yang berkelompok memiliki bentuk seperti cerobong asap. Uniknya lagi, di dalam taman batu ini juga ada gereja kuno.

5. Batu Angus, Indonesia


Berada di belahan timur Indonesia, terdapat taman Batu Angus. Berada tepat di Ternate, Maluku Utara, Batu Angus menjadi salah satu target destinasi wisata.

Dinamakan Batu Angus karena lava-lava beku ini memiliki warna yang hitam kelam. Selintas batu ini memang biasa saja, tapi bila melihatnya secara keseluruhan Anda bisa melihat keindahan lain dari kumpulan batu-batu ini.

Tidak hanya karena warnanya yang hitam, bentuk-bentuknya yang unik dan terkesan tidak beraturan menjadi daya tarik yang memukau. Apalagi, dengan latar belakang Gunung Gamalama, membuat pesona keindahannya semakin sempurna.

SUMBER
.
GABUNG Halaman Facebook Duniaunik.info ,dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini
FOLLOW TWITTER duniaunik.info ,dengan mengklik dibawah ini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35

Kolom Komentar

0 komentar: